Sunday, 7 April 2013

Apa Sih BPA-Free itu?


              Pertanyaan tersebut muncul ketika botol free BPA (Bisphenol-A) mulai marak di lapangan. Sebenarnya, apa sih BPA itu? BPA atau bisphenol-A merupakan zat kimia sintetis
yang biasa digunakan pada beragam produk konsumer salah satunya botol bayi. BPA digunakan untuk membuat plastik dan resin epoxy, telah digunakan secara komersial sejak tahun 1957.



             Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ikatan BPA yang tergolong tidak stabil dapat menyebabkan sejumlah kecil zat kimia ini terlepas ke dalam makanan atau susu formula yang menjadi isi suatu kemasan yang mengandung BPA. Dan pada akhirnya lepasan BPA ini kemudian dapat tertelan oleh manusia. Pelepasan zat kimia ini akan terjadi semakin banyak saat botol bayi atau botol air terkena panas seperti saat direbus 

atau disterilisasi. Para ilmuwan menyebutkan bahwa BPA dapat menjadi senyawa “pengganggu hormon” karena berpotensi mengganggu fungsi normal dari sistem hormon, baik itu pada manusia maupun pada hewan yang menimbulkan efek merugikan pada kesehatan, reproduksi, perkembangan, serta masalah tingkah laku (behavioural).
 Botol air minum produk Lock & Lock, bebas BPA dengan sertifikasi dari berbagai negara.




 Botol air minum produk Mizzu, sudah bebas BPA

              BPA menunjukkan sifat seperti hormon yang meningkatkan kekhawatiran tentang kesesuaian dalam produk konsumen dan wadah makanan. Sejak 2008, beberapa pemerintah telah mempertanyakan keamanannya, yang mendorong beberapa pengecer untuk menarik produk polikarbonat. Sebuah laporan 2010 dari Amerika Serikat Food and Drug Administration (FDA) memperingatkan kemungkinan bahaya terhadap janin, bayi, dan anak-anak. [2] Pada bulan September 2010, Kanada menjadi negara pertama yang menyatakan BPA zat beracun. [3] [4] Uni Eropa, Kanada, dan baru-baru Amerika Serikat telah melarang penggunaan BPA dalam botol bayi.

SUMBER 
SUMBER